Saturday, July 7, 2018

Rekreasi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) FKIP UNMUL

Rekreasi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Pasca SM-3T Angkatan VI dan PPG Prajabatan gelombang II FKIP UNMUL


Setelah bergulat dengan tugas-tugas workshop dari siklus 1 hingga 6 yang telah dilaksanakan selama empat bulan di kampus, akhirnya peserta PPG SM-3T angkatan VI dan PPG Prajabatan gelombang II diberikan kesempatan untuk sekadar melepas penat ke kota Balikpapan. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 4 - 5 juli 2018 diikuti oleh seluruh peserta PPG SM-3T dan PPG Prajabatan dengan jumlah 103 mahasiswa dan didampingi oleh ketua LPTK Prof. Dr. Makrina Tindangen, M.Pd, dosen dari LPMP, dan kepala asrama PPG-SM3T. Tujuan dari diadakannya kegiatan rekreasi ini adalah untuk mempererat jalinan kekeluargaan antara para peserta PPG, dosen, maupun pengelola asrama dengan tema “Ciptakan Harmoni dalam Napak Tilas kebersamaanmu”


Perjalanan ke kota Balikpapan dimulai dengan berdoa bersama pada pagi hari di depan asrama PPG FKIP. Kemudian para peserta diangkut dengan menggunakan dua bus Pariwisata. Rombongan berangkat dari Kampus FKIP Pahlawan pada pukul 09.30 WITA dan tiba di Kota Balikpapan tepatnya di Hotel Le Grandeur Balikpapan pukul 13.00 WITA. Hotel Le Grandeur Balikpapan adalah sebuah hotel bintang 4 yang berlokasi di Jalan Jend. Sudirman. Posisinya yang berbatasan langsung dengan laut lepas menjadikan hotel ini menjadi salah satu pilihan tepat untuk memudahkan para pengunjung hotel  hunting sunrise maupun sunset.

Hotel Le grandeur Balikpapan

Sekitar jam 17.20 WITA, Setelah peserta PPG mengikuti kegiatan Wawasan Education, Sains dan Budaya yang diadakan di ballroom hotel La Grandeur. Para peserta ppg dapat memanjakan diri dengan fasilitas kamar hotel yang lengkap dan nyaman.


Setelah makan malam peserta PPG dapat menikmati waktu istirahat di sekitar hotel, atau berkeliling menikmati suasana kota Balikpapan di malam hari sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan pihak pengelola.

Keesokan harinya, sarapan ala buffet disediakan di restoran utama yang terletak dekat dengan pintu masuk dari pukul 06.00 – 10.00 WITA. Berbagai menu lokal dan internasional disediakan di sana. Para peserta PPG maupun dari pihak pengelola dapat sarapan bersama-sama menikmati hidangan yang ada sembari bercerita dan menikmati pemandangan luar hotel.


Setelah sarapan, seluruh peserta ppg dapat melanjutkan aktifitasnya dengan menggunakan fasilitas yang ada di hotel, Selain fasilitas di dalam kamar yang disebutkan tadi, hotel ini juga memiliki beberapa fasilitas lain, diantaranya adalah fitness center, lapangan tenis, kolam renang, restoran, coffee shop, pantai yang berpasir putih, dan Seafood Restaurant. Beberapa diantaranya ada yang menikmati waktu santainya di kolam renang, bermain bola voli bersama-sama di pantai sembari menikmati view yang ada dan tentunya sekali-kali mengabadikan momen yang ada dengan telepon pintar masing-masing.
   


Pada pukul 12.30 seluruh peserta PPG makan siang untuk kemudian bersiap-siap meninggalkan hotel dan melakukan check-out, sebelum meninggalkan hotel, rombongan dan seluruh dosen berfoto bersama di depan lobi hotel.


Dalam perjalanan pulang para peserta PPG juga diberikan kesempatan untuk menikmati salah satu tempat wisata di Balikpapan. Tempat wisata kedua yaitu kawasan wisata pendidikan lingkungan hidup Balikpapan, kawasan ini merupakan kawasan konservasi Beruang madu, salah satu satwa endemik Kalimantan yang yang dilindungi di Indonesia.


Beruntungnya karena pada pada saat itu para peserta rekreasi dapat melihat beruang dari kejauhan yang sedang berjalan, selama berkunjung ke kawasan ini ada tour guide yang  siap membantu menjelaskan mengenai beruang madu dan menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh para pengunjung.
  

Pada pukul 15.30 WITA akhirnya tiba saatnya rombongan melanjutkan perjalanan pulang, dan bus tiba di Samarinda pukul 19.00 WITA. Setelah itu para peserta bergegas pulang dan menuju asrama untuk langsung beristirahat.

Kegiatan rekreasi bersama ini adalah sebuah bentuk apresiasi bagi para peserta PPG baik SM3T ataupun Prajabatan setelah menyelesaikan rangkaian kegiatan workshop di semester pertama. Sebuah kesyukuran karena kami diberi kesempatan untuk berlibur di sela rutinitas yang padat. Tak lupa kami mengucap banyak terimakasih dan salam MBMI!

No comments:

Post a Comment