Friday, February 16, 2018

Practice Makes Everything Perfect





Riuh suara para mahasiswa PPG SM3T UNMUL melebur bersama di aula. Terdengar samar-samar kosakata bahasa Inggris yang masih dituturkan dengan terbata. Malam itu di ruangan aula sederhana yang menjadi pusat kegiatan kami, terbentuk beberapa kelompok kecil yang sedang asyik berdiskusi dalam bahasa Inggris. Ada yang sibuk menyusun prolog perkenalan, ada yang berlatih pelafalan kata dan ada pula yang belajar percakapan.
Ini semua tentang Bahasa Inggris, bahasa yang sedang diminati oleh sebagian besar peserta PPG. Bahasa yang menjadi salah satu bahasa Internasional yang digunakan dalam berinteraksi global.
Antusias para calon pendidik professional ini sangatlah tinggi. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya permintaan dari para mahasiswa PPG untuk menyelenggarakan kegiatan yang bisa menambah kemampuan Bahasa asing mereka yaitu dengan adanya kegiatan English Club.

English Club merupakan program kerja dari Biro Keilmuan. Para pesertanya adalah semua mahasiswa PPG yang mempunyai minat dan keinginan yang kuat untuk belajar Bahasa Inggris khususnya pada aspek kemampuan berbicara dan percakapan sehari-hari. Seperti kita ketahui para peserta berasal dari latar program studi yang berbeda yaitu, Fisika, PJOK, Geografi dan Bahasa Inggris. Mahasiswa yang berasal dari prodi Bahasa Inggris inilah yang kemudian berperan sebagai tentor atau pembimbing bagi para peserta yang tergabung dalam club meeting ini.

Sistem belajar yang digunakan adalah belajar secara berkelompok. Satu kelompok terdiri dari 2  tentor dan 3-4 orang peserta. Belajar dalam kelompok kecil dinilai paling efektif untuk peserta yang baru memulai belajar berbahasa asing khususnya kemampuan berbicara. Seperti kita ketahui bahwa hambatan utama ketika belajar berbicara (speaking) adalah kurangnya rasa percaya diri saat memulai berbicara dan perasaan takut salah ketika melafalkan kata atau menyusun kalimat. Dalam kelompok kecil peserta akan lebih bebas untuk belajar dan praktik. Hal ini sejalan dengan target yang ingin dicapai dalam program ini yaitu, peningkatan kemampuan para peserta untuk berbicara dalam bahasa Inggris, khususnya dalam pergaulan sehari-hari (percakapan). 

Dari kegiatan ini peserta memperoleh kosakata baru, struktur kalimat dan pelafalan kata yang benar saat berbicara. Para tentor juga akan menjadi fasilitator bagi peserta jika dalam diskusi peserta mengalami kesulitan. Tidak hanya terbatas pada kegiatan berbicara saja, Tentor juga memberikan bimbingan kemampuan (skill) dasar lainnya seperti reading, writing dan Grammar.

Kegiatan ini diharapakan mampu menjadi wadah bagi mahasiswa PPG yang mempunyai minat pada Bahasa Inggris. Kegiatan ini juga dapat menciptakan atmosfer yang kondusif bagi peserta untuk belajar percakapan dengan Bahasa Inggris melalui pembiasaan dan praktik. Practice Makes Perfect. Semakin banyak praktik  membuat kemampuan kita pun semakin terasah. Akan ada nilai lebih bagi mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini nantinya, khususnya meningkatnya kemampuan mereka dalam berbahasa asing, dalam hal ini bahasa Inggris.

Itu adalah salah satu cuplikan kegiatan asrama kami di Universitas Mulawarman. Akan masih banyak lagi kegiatan yang menarik dan bermanfaat lainnya dari kami. Ditunggu ya….





by Reni Apriani ( Pend. Fisika)




1 comment: