Monday, April 16, 2018

''Kami Peduli, Kami Bertindak'' Jalan Santai dan Bakti Sosial


Mahasiswa PPG SM – 3T angkatan VI Universitas Mulawarman mengadakan kegiatan jalan santai dan bakti sosial pada hari Minggu tanggal 15 April 2018. Kegiatan ini diprakarsai oleh biro keolahragaan PPG SM – 3T angkatan VI. Inisiatif pelaksanaan kegiatan jalan santai bertujuan untuk meningkatkan kesehatan peserta PPG SM – 3T yang butuh penyegaran tubuh maupun pikiran disela padatnya kegiatan workshop serta mempererat kekompakan dan keakraban antar peserta PPG.

Di sela kegiatan jalan santai juga dilakukan bakti sosial berupa kegiatan membersihkan sampah yang merupakan penyebab berkurangnya nilai keindahan dari kota Samarinda. Pembersihan sampah dilakukan di sekitar rute yang dilewati pada saat jalan santai. Kegiatan bakti sosial ini dilakukan untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sebagai bentuk pembiasaan yang diterapkan kepada peserta PPG agar tetap menjaga lingkungan dalam keadaan bersih dan membuang sampah pada tempatnya.

Kegiatan ini dimulai pada pukul 06.00 yang dibuka oleh Maradona Sirajuddin, M.Pd selaku ketua pembina asrama PPG SM – 3T. Rute jalan santai dimulai dari halaman asrama PPG SM – 3T melewati balai kota Samarinda menuju Taman Samarendah. Sekitar pukul 07.00 kami sampai di taman Samarendah, kemudian melakukan kegiatan foto bersama membentuk formasi kata “PPG UNMUL VI” untuk mengabadikan momen kebersamaan.

Bakti sosial dilakukan dengan memungut sampah yang berserakan di sepanjang jalan. Kegiatan ini dilakukan setelah sesi foto bersama. Peserta PPG terlihat sangat antusias saat mengambil sampah. Pembersihan sampah dilakukan di sepanjang rute balik jalan santai, yaitu mulai dari taman Samarendah melewati jalan Bhayangkara menuju jalan Pahlawan dan  berakhir di halaman asrama PPG SM3T Unmul pada pukul 08.30 Wita. Akhirnya setelah kegiatan selesai, peserta PPG saling bahu-membahu membersihkan sampah-sampah yang sudah diambil di sepanjang jalan dengan membuangnya di tempat pembuangan sampah.

Banyak tanggapan positif yang diberikan oleh para peserta PPG SM3T mengenai kegiatan ini. Ryan Mahsun, salah seorang peserta PPG dan selaku ketua RT di asrama PPG SM3T Unmul menyampaikan pendapatnya mengenai kegiatan ini. Dia mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bagus dan bisa menggugah minat para peserta PPG untuk lebih peduli dengan kebersihan lingkungan. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada biro Keolahragaan yang menyelenggarakan kegiatan ini.

Tanggapan positif kegiatan ini juga diberikan oleh masyarakat sekitar. Ibu Siti Anisa (38th), salah seorang pedagang di sekitar kampus Pahlawan FKIP Unmul. Beliau mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukan sangat bagus dan berharap bahwa kegiatan seperti itu menjadi rutinitas yang tidak ditinggalkan oleh para peserta PPG. bahkan beliau juga menambahkan bahwa sikap para peserta PPG SM3T angkatan VI sangat ramah dan mudah akrab, hal ini terlihat dari mudahnya mereka berinteraksi dengan para pedagang dan masyarakat sekitar.

Banyaknya respons positif dari para peserta maupun masyarakat mengenai kegiatan ini merupakan apresiasi yang bagus bagi penyelenggara kegiatan yaitu biro seolahragaan PPG SM – 3T Unmul. Peserta PPG SM3T mengucapkan banyak terima kasih kepada penyelenggara atas kegiatan yang sangat positif ini serta berharap kegiatan seperti dapat berlanjut. 

Briefing sebelum pembersihan sampah

Foto bersama peserta bakti sosial

1 comment:

  1. Situs Online Terlengkap Dan Terpercaya

    Satu User Id untuk Semua Permainan Online

    Bandar Online Terbaik

    Mbo 128

    Daftar dan Menang Sangat Mudah

    WhatsApp : 0852-2255-5128

    ReplyDelete