Wednesday, May 30, 2018

Kegiatan SERU untuk Ramadan Seru ala Mahasiswa PPG UNMUL


(Ahad/27 Mei 2018) Weekend sambil menjalankan puasa Ramadan di hari ke-10 tidak menjadikan peserta PPG SM3T UNMUL lantas bermalas-malasan namun mereka menghabiskan waktu paginya dengan kegiatan yang sangat berfaedah bertajuk “Seru” sebagai Program Kerja dari Biro Kesenian PPG SM3T UNMUL.

Seru merupakan kegiatan Seni Rupa dengan item kegiatan yang cukup menarik yaitu membuat sketsa gambar, membuat gantungan kunci rajutan berbentuk strawberry atau es krim , dan membuat gelang. Setiap kegiatan dibimbing oleh mentor-mentor kece yang sudah berpengalaman di bidangnya masing-masing. Untuk mentor pembuatan sketsa di pegang oleh Elffana Argadinata, S.Pd mahasiswa PPG Prodi Pendidikan Geografi yang kebetulan merupakan ketua dari biro kesenian sendiri. Pembuatan gantungan kunci rajutan serta pembuatan gelang dimentori oleh Sukmawati, S.Pd, Hasanah, S.Pd, serta Nurheti, S.Pd yang ketiganya merupakan mahasiswi PPG Prodi Pendidikan Bahasa Inggris.

Kegiatan bertajuk Seru ini diminati oleh banyak peserta PPG SM3T UNMUL, terbukti dari jumlah peserta yang hadir di hari itu adalah hampir mencapai 40 orang, melebihi ekspektasi yang panitia pelaksana estimasikan. Kegiatan ini memberikan kesan yang sangat baik bagi peserta karena tidak sekedar menghibur mereka saja tetapi menjadikan mereka bisa menambah wawasan, serta menghasilkan produk seni.

Ada beberapa dari peserta kegiatan seru yang mengalami kesulitan dalam pembuatan produk karena mereka tidak memiliki dasar, misalnya saja Gunawang. Dia merasa kesulitan dalam pembuatan gantungan kunci strawberry rajutan, “baru bagian bawah saja sudah membutuhkan waktu 2 jam, apalagi waktu menyelesaikannya!”gerutu Gunawang.

Sebaliknya, proses pembuatan Sketsa yang dilakukan oleh peserta Seru terlihat berjalan dengan sangat lancar. Hal ini disebabkan karena banyak dari mereka telah memiliki basic skill yang baik dalam membuat sketsa sehingga hanya perlu ditingkatkan intensitasnya dalam latihan.

Akhirnya pukul 12.15 menjadi penanda berakhirnya kegiatan Seru di aula asrama PPG SM3T, masih banyak dari peserta yang tidak ingin beranjak dari tempat mereka. Tetapi, karena keharusan menunaikan shalat dzuhur maka akhirnya kegiatan ini harus di hentikan. Beberapa peserta yang belum menyelesaikan produk rajutan dan gelang mereka kembali mencari mentor mereka masing-masing untuk menyelesaikannya sehabis melaksanakan shalat dzuhur. Euphoria ini menjadi bukti dari kesuksesan acara ini. Peserta berharap agar kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan kembali nantinya karena sangat bermanfaat. 







Nurul Hikmah Yanto

No comments:

Post a Comment