Tuesday, March 27, 2018

Siklus Dua yang Penuh Suka


Para Mahasiswa PPG Pend. Bahasa Inggris bersama Dosen dan Gur pendamping
Satu lagi siklus yang menjadi bagian dari Workshop PPG SM3T telah terlewati.  Setelah berjuang dan bergelut dengan berbagai suka duka seperti berpuyeng-puyeng ria dalam penyusunan perangkat pembelajaran yang kadang-kadang bikin mumet, berbagai revisi yang diberikan dosen Instruktur dan persiapan Peer Teaching  yang cukup menguras tenaga.

Pada siklus kedua ini, kami dari jurusan bahasa Inggris dibimbing langsung oleh 2 orang dosen yang keduanya adalah wanita, yaitu ibu Dyah Sunggingwati dan ibu Istanti Hermagustiana. Kedua dosen hebat ini senantiasa memberikan arahan dan masukan yang bermanfaat dalam penyusunan perangkat kami. Walau tak jarang juga kami menerima berbagai kritik yang kesemuanya itu bersifat membangun dan diberikan untuk perbaikan perangkat ajar kami kedepannya.
Praktik Peer Teaching 

Selain itu dalam proses peer teaching kami juga diawasi langsung oleh para guru pendamping yang berasal dari sekolah-sekolah yang nantinya akan menjadi lokasi PPL di semester berikutnya, yaitu bapak Munthalib dari SMP 4 Samarinda, serta Ibu Catur Yoga dan ibu Hj. Rochani dari SMA 5 Samarinda. Kehadiran guru-guru ini dalam rangka memberikan evaluasi langsung terhadap berjalannya simulasi pembelajaran yang kami lakukan di akhir siklus. Berbagai masukan yang diberikan juga sangat membantu dalam perbaikan kualitas perangkat yang kami buat.

 Penggunaan Permainan Edukasi dalam pembelajaran

Kemudian di akhir tiap siklus  diadakan tes formatif yang digunakan untuk mengukur seberapa jauh pemahaman para mahasiswa PPG selama proses workshop berlangsung selama kurang lebih 13 hari tersebut. Tes ini memakan waktu sekitar 1 jam dan dilakukan dibawah pengawasan pihak pengelola PPG.


Formatif Tes Siklus 2

Siklus 2 telah berakhir dan meninggalkan banyak kesan serta pelajaran yang kami terima selama prosesnya. Berakhirnya sebuah siklus menandakan bahwa kami harus bersiap untuk siklus selanjutnya sebagai rangkaian Workshop Subject Specific Pedagogy (SSP) yang akan kami lakoni sampai akhir semester 1.

Tetap semangat ya kawan-kawan.
Jaga kesehatan J


Biro Pers



No comments:

Post a Comment