Sunday, April 1, 2018

Thanks God It’s Free – day (T.G.I.F)

Penulis: Asfiainnisa
Thanks God It’s Free – day (T.G.I.F)
Padatnya jadwal workshop dan kegiatan asrama membuat mahasiswa PPG SM – 3T Unmul membutuhkan hiburan atau waktu segang untuk menenangkan pikiran yang sudah penuh dengan bahasan RPP, Silabus, Prota, Promes dan perangkat pembelajaran lainnya. Bertepatan dengan tanggal 30 Maret 2018 yang merupakan hari libur nasional, kegiatan workshop beserta kegiatan asrama diliburkan. Hal ini merupakan kesempatan bagi mahasiswa PPG SM – 3T Unmul untuk bersantai sejenak dan melakukan kegiatan lain di luar kegiatan berasrama. Kesempatan ini diapresiasi oleh peserta PPG SM – 3T Unmul untuk mengadakan pertunjukan seni yang berupa drama, musikalisasi puisi, dan vokal solo maupun grup. Kegiatan ini dipelopori oleh biro kesenian sebagai panitia penyelenggara. Ketua panitia kegiatan ini adalah ketua biro kesenian yaitu Elfana Argadinata. Kegiatan ini bertujuan yaitu mewadahi bakat – bakat yang dimiliki oleh peserta PPG SM – 3T dalam bidang seni, selain itu sebagai ajang hiburan bagi Mahasiswa PPG SM – 3T Unmul yang sudah cukup penat dengan jadwal workshop dan kegiatan asrama. Tema dalam kegiatan seni ini cukup menarik yaitu “Thanks God It’s Free – day (T.G.I.F) Berbagi Harmoni dalam Kebersamaan “.

Menurut salah satu panitia kegiatan ini yaitu Reni Apriani selaku sekretaris dalam biro kesenian mengatakan bahwa makna tema T.G.I.F tersebut menjadi salah satu latar belakang kegiatan tersebut yaitu apresiasi bentuk syukur atau terima kasih kita kepada Tuhan bahwa hari ini adalah hari libur tanpa ada kegiatan asrama, sehingga kita hanya fokus pada pertunjukkan seni sebagai ajang hiburan dan penyegaran pikiran.
Ketua Panitia T.G.I.F

Pertunjukan seni dilaksanakan di Aula Asrama PPG SM – 3T pada pukul 20.15 – 22.00 WITA. Kegiatan ini dihadiri oleh semua mahasiswa PPG SM – 3T Unmul dengan sangat antusias sekali. Kegiatan seni diawali oleh doa bersama kemudian sambutan – sambutan. Sambutan pertama disampaikan oleh Elfana Argadinata selaku ketua panitia. Ia menyampaikan banyak terima kasih atas partisipasi dan antusias dari teman – teman mahasiswa PPG SM – 3T. Dia juga berharap dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan sedikit hiburan bahkan dengan peralatan dan panggung yang jauh dari kata sempurna.

Sambutan yang kedua disampaikan oleh Maradona Sirajuddin,M.Pd selaku pembina asrama PPG SM – 3T. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan kesenian ini merupakan yang pertama kalinya diadakan untuk PPG Universitas Mulawarman. TGIF ini merupakan kegiatan yang sangat luar biasa dan sangat menghibur bahkan sangat cocok untuk mengisi disela waktu yang padat. Beliau juga menambahkan rasa terima kasih kepada para mahasiswa PPG SM – 3T terutama yang terlibat dalam biro kesenian untuk membawa suasana asrama lebih hidup dan menarik. Bahkan beliau juga berharap kepada mahasiswa PPG SM – 3T untuk tetap berkreasi, meskipun kita terbatas namun kreativitas harus tanpa batas.

Kemudian dilanjutkan pada kegiatan inti yaitu pertunjukan bakat seni yang dilakukan oleh Mahasiswa PPG SM – 3T. Banyak sekali bakat – bakat para pendidik yang terpendam ditunjukkan melalui kegiatan ini, seperti menyanyi, musikalisasi puisi, dan drama. Musikalisasi puisi yang diangkat yaitu tentang perjuangan seorang guru dan Ibu. Musikalisasi puisi dibawakan dengan sangat indah, bersemangat bahkan mampu membawa para penonton untuk merasakan emosi yang sama dengan pemain. Begitu pula pada penampilan menyanyi, mereka membawakannya dengan merdu sehingga membuat penonton untuk ikut menyanyi juga. Untuk penampilan drama, mereka mengangkat tentang kisah cinta jarak jauh karena harus merantau ke pulau seberang untuk mengikuti PPG. Drama ini dikemas begitu apik dan sederhana serta diselingi dengan lagu yang menggambarkan suasana hati sang pemain. Selama kegiatan, tepuk tangan dan teriakan penonton bagaikan lagu tersendiri yang menyelimuti suasana asrama.
Penampilan Ulin Membahana

Penampilan Gaharu


Kegiatan diakhiri dengan tari Dero bersama dan foto bersama. Tari Dero merupakan tarian khas masyarakat suku Pamona di Sulawesi Tengah. Tarian ini dilakukan secara massal atau bersama baik pria maupun tua bahkan tua maupun muda. Dalam tarian ini, kita berkumpul membentuk lingkaran kemudian menari sembari diiringi oleh musik. Kita melakukan tarian ini untuk menunjukkan rasa syukur dan kebahagiaan kita serta menunjukkan kekompakan kita sebagai masyarakat PPG SM – 3T Unmul.

Foto Bersama Mahasiswa PPG SM – 3T Unmul

Berakhirnya kegiatan ini, banyak mendapat tanggapan positif dari penonton maupun penampil. Ali akbar salah satu mahasiswa PPG SM – 3T yang menjadi penikmat yang kami temui di sela-sela kegiatan ini mengutarakan pendapatnya bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat, paparnya ini salah satu bentuk penyegaran dari rutinitas yang cukup menguras tenaga dan pikiran yang selama ini dihabiskan untuk membahas dan mengerjakan perangkat pembelajaran. Dia juga menambahkan bahwa kegiatan ini mampu membawa kembali senyuman dan wajah penuh semangat para mahasiswa PPG SM – 3T yang sebelumnya penuh dengan muka kusut tegang sampai tidak ada ungkapan manis untuk menggambarkan, menjadi lebih hidup, ceria, penuh akan kegembiraan. Yahhh... katanya ibarat seorang pemain bola yang mencetak gol pada partai final di masa injury time. Dan apresiasi setinggi-tingginya pun diberikan kepada biro kesenian. Sukses selalu dan terus berkreativitas untuk biro kesenian dan para mahasiswa PPG SM – 3T pada umumnya.
Video Lengkap Kegiatan by Tiyar Bachtiar

Selain itu, Rosiyanah merupakan salah satu peserta yang meramaikan panggung hiburan malam itu dengan menampilkan musikalisasi puisi yang bertemakan “ ibu” mengatakan sangat puas terhadap acara TGIF yang diadakan oleh biro kesenian. Kegiatan TGIF ini memiliki banyak manfaat bagi peserta PPG SM3T Unmul di antaranya yaitu sebagai sarana mengapresiasikan bakat dan minat yang dimiliki mahasiswa dan sarana memupuk rasa kebersamaan antar peserta PPG. Oleh karena itu, harapannya kegiatan ini bisa terus dilaksanakan rutin setiap bulannya, agar semua peserta PPG dapat mengekspresikan bakat dan minatnya dalam acara kesenian yang akan diadakan selanjutnya.

No comments:

Post a Comment