Monday, June 4, 2018

Ramadan, Bulan Berkah untuk Semua


Memaksimalkan ibadah di bulan suci Ramadan, PPG SM3T Angkatan VI Universitas Mulawarman berbagi kebahagiaan bersama anak yatim Panti Asuhan Istiqamah Muhammadiyah Sempaja Samarinda, (3/6/2018). Kegiatan yang dikemas dalam bentuk donasi dan buka bersama ini diikuti oleh Pengelola PPG dan 77 mahasiswa PPG, serta anak-anak panti yang berjumlah sekitar 40 orang.

Ketua Panitia (Machrus Ali), Pak Zaelani, Pak Maradona, dan Lurah PPG (Habibi)
Penyelenggaraan kegiatan dimulai sejak pukul 16.30 WITA yang diawali dengan game kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Quran, sambutan-sambutan, penyerahan donasi secara simbolis oleh pihak PPG kepada pihak Panti Asuhan, tausyiah dan doa yang ditutup dengan acara buka bersama serta pembagian donasi kepada para anak yatim. 

Games kolaborasi peserta PPG dan anak-anak panti
Kegiatan permainan yang dipandu oleh Kak Herni mengharuskan semua peserta untuk berdiri membentuk lingkaran besar. Permainan yang dilakukan ialah talking stick dengan menyalurkan tongkat secara estafet dengan diiringi shalawat, dan ketika shalawat berhenti peserta yang memegang kotak wajib menjawab pertanyaan yang disediakan oleh panitia. Terlihat semangat dan keceriaan dari para peserta terutama anak-anak panti asuhan Istiqamah. Anak-anak yang mampu menjawab pertanyaan akan mendapatkan hadiah dari Panitia.

Anisa, salah satu penghuni panti asuhan ini mengaku sangat senang mengikuti acara buka bersama Mahasiswa PPG SM3T Unmul. Dia pun ingin acara seperti ini bisa dilakukan bukan hanya saat puasa saja tapi di hari-hari yang lain. “Senang dong, bisa bermain bersama-sama. Jangan bulan puasa saja, tapi sering", tuturnya kepada kakak mahasiswa PPG SM3T.

Senada dengan Anisa, Taufik mengaku sangat senang ikut kegiatan buka puasa ini. Pasalnya, bisa bertemu kakak PPG. “Senang karena ramai. Nanti mau dapat hadiah lagi," tuturnya.

Pengurus Panti Asuhan Istiqomah Muhammadiyah, Bapak Didi Haryadi dalam sambutannya menyampaikan “Barang siapa yang memberikan buka terhadap orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga”. Berdasarkan hadist tersebut dapat kita rasakan bahwa sungguh luar biasa pahala yang diiming-imingkan oleh Allah SWT bagi orang yang memberikan makanan terhadap orang yang bepuasa secara ikhlas.

Sambutan Ustad Didi Haryadi

Selain itu beliau mengucapkan terimakasih yang sebanyak-banyaknya kepada PPG SM3T Unmul yang telah meluangkan waktunya untuk bersilaturahmi ke Panti Asuhan Istiqamah Muhammadiyah Sempaja Samarinda.

Pengurus P3G Unmul Drs. H. Zaelani, M.Si, mengatakan kegiatan buka bersama kali ini berbeda dengan kegiatan buka bersama yang dilaksanakan pada tahun-tahun sebelumnya yang hanya diikuti oleh peserta PPG dan pihak pengelola PPG dan bertempat di Asrama PPG SM3T Unmul. Dapat dikatakan program buka bersama anak yatim kali ini menunjukkan adanya kemajuan yang baik berkat dukungan antara panitia dari biro keagamaan dengan seluruh pihak yang mendukung terlaksananya kegiatan ini.Usai acara sambutan, dilakukan penyerahan santunan kepada pihak panti Asuhan oleh pihak PPG yang berupa sejumlah uang, 8 kardus pakaian dan 2 kardus buku.

Dalam ceramahnya yang cukup singkat dan komunikatif Ust. Didi di antaranya menyampaikan bahwa dalam surah Al-Baqarah disebutkan bahwa “Allah mewajibkan puasa bahkan sejak zaman sebelum Rasulullah SAW dan disempurnakan pada zaman beliau. Selain itu beliau berpesan agar kita ketika berpuasa untuk menjaga lisan dan perkataan. Banyak sekali godaan yang datang saat berpuasa, salah satunya adalah ajakan untuk ghibah baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Agar puasanya makin baik maka kita harus menjaga lisan (perkataan) dari hal-hal buruk seperti ghibah atau menggunjing orang. Tidak hanya itu, menjaga lisan juga bisa dilakukan dengan tidak melakukan sumpah palsu, berbohong, menghasud orang lain dan mengadu domba. Mengenai hal ini ada hadist yang diriwayatkan oleh Imam Hakim yang menjelaskan bahwa puasa tidak hanya menahan makan dan minum saja. Namun juga menahan dari perkataan keji dan tidak ada gunanya”.

Acara pun diakhiri dengan buka bersama dan pembagian takjil dan menu yang telah disediakan oleh pihak PPG SM3T Unmul serta pembagian santunan kepada anak-anak yatim. Semoga dengan berbagi di bulan ramadhan yang penuh berkah ini silaturahmi kita tetap terjaga serta amal dan ibadah kita dapat diterima di sisi Allah SWT. Amin.
 
Pembukaan Kegiatan
Buka puasa bersama
_AAR_

1 comment:

  1. Do you realize there is a 12 word phrase you can speak to your man... that will trigger intense feelings of love and instinctual attraction to you buried within his heart?

    Because hidden in these 12 words is a "secret signal" that fuels a man's impulse to love, idolize and protect you with his entire heart...

    12 Words Who Trigger A Man's Love Impulse

    This impulse is so built-in to a man's genetics that it will make him work better than before to take care of you.

    Matter-of-fact, triggering this influential impulse is so important to having the best ever relationship with your man that once you send your man one of these "Secret Signals"...

    ...You will instantly find him expose his mind and soul to you in such a way he never experienced before and he will perceive you as the only woman in the universe who has ever truly fascinated him.

    ReplyDelete